Saturday 25 October 2014

Biografi ilmuan Volta Penemu Satuan Tegangan

Advertisements

Alessandro Volta
Sahabat kreatif yang dirumah  punya jam dingding ,remote dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan pasti semua itumenggunakan batrei  atau seringg disebut dengan istilah volta , tapi sahabat kreatif tahu  tidak siapa penemu baterei itu ?

       Nah   Dibawah ini adalah bigrafi volta Penemu Satuan Tegangan. 

Volta dengan nama lengkap Alessandro Giuseppe Atonio Anastasio Volta atau sering dikenal dengan nama Alessandro Volta lahir di Como 18 Februari 1745. Ketika usia 14 tahun Volta sudah memastikan akan menjadi seorang ilmuan fisika. Pada tahun 1774 cita-citanya terkabul dan berhasil menjadi profesor fisika padaroyal  school di como .Pada tahun  1775 ia membuat alat yang disebut dengan electrophorus alat ini dapat membangkitkan muatan listrik statik. Pada tahun 1776 hingga  1777 ia juga menekuni bidang kiamia khususnya sifat kimia gas , Kemudian ia menemukan metana serta membuat alat eksperimen. Pada tahun 1779 ia menjadi profesor fisika di universitas pavia dan mengepalai bidang itu selama 25 tahun. saat itu ia mendapatkan penghargaan Copley medal dari royal society. volta menikah dengan Teresa Peregrini  yang di anugrahi tiga anak laki-laki.

      Pada tahun 1800 ia berhasil mengembangkan alat yang saat ini sangat populer atau tekenal elmen volta atau batu baterei . pencapaian itu diperoleh melalui debat panjang tentang sumber arus listrik dengan Luigi Galvani, Menurut galvani listrik dapat dibangkitkan oleh jaringan hewan . volta menolak anggapan ini . Ia berpendapat listrik hanya dapat dibankitkan karena ada gesekan atau kontak dari dua logam yang berbeda muatan atau lingkungan yang lembab.

   Setelah panjangnya diskusi dengan galvani , vota memikirkan untuk mencari cara untuk membuktikan pendapatnya. Pada tahun 1801 ia mendapatkan penghargaan dari napoleon berkat kerjanya yang gigih dan mendapatkan  sejumlah uang honor yang cukup besar dari Legion of Honor yang diberikan oleh senetor kingdom of Lombardy.

      Untuk mengenang namanya pada waktu itu orang menggunakan kata volt sebagai satuan tegangan,kata tersebut kependekan dari nama Volta . Nama volta juga juga di abadikan pada alat yang disebut Bevator atau atom semasher . Huruf  "V"  dimaksudkan singkatan dari nama Volta.
dan sampai sekrang masih terasa manfaatnya . 

Pengunjung yang lain juga membaca :
  1. Biografi Celcius Penemu Skala Suhu - New !!
  2. Biografi James watt - New !!
  3. Biografi alexander graham bell penemu telkomunikasi - New !!
  4. Biografi ilmuan Volta Penemu Satuan Tegangan - New !!
  5. Biografi ilmuan abdussalam - New !!

Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment