Friday 24 October 2014

Biografi Celcius Penemu Skala Suhu

Advertisements

      Sahabat kretif  pernah dengar dengan namanya Celcius ,ya ia adalah salah satu penemu skala suhu kenamaan. sebutan yang tak lepas dari kehidupan kita. Berapa derajat suhu hari ini ? Jawabannya 30 celcius .

Celcius
         Celcius dengan nama lengkap Anders celcius yang lahir pada 27 januari 1701 di Uppsala. Ia sebenarnya dikenal sebagai ilmuan astronomi dengan menyelesaikan sekolahnya disebuah kota disebelah utara stockhoim. Ia kemudian menjadi profesor astronomi pada usia 29 tahun.
    
      pada tahun 1736 hingga 1737 Celcius bergabung dalam tim keutara sebagai asisten de maupertius daerah kelapland daerah paling utara, sweedia. Ternyata hasilnya cocok dengan cara pengukuran yang lain. Celcius adalah orang pertama yang  pertama menguji perubahan medan magnetik bumi pada waktu cahya dari arah utara ,ia juga yang  peratma mengukur kecerahan bintang dengan alat ukur. Celcius menjadi terkenal setelah menyelesaikan pembangunan observatorium pertama di swedia dan menjadi direktur observatorium .
         
         Pada tahun  1742 ia merekomendasikan untuk membagi skala temperatur dari termometer raksa pada tekanan 760 mm Hg ke dalam 100 menit derajat. Ia menetapkan angka 100 sebagai titik beku air dan 0 derajat sebagai titik didih air. Untuk menghargai hasil karyanya, skala temperatur yang ia ajukan diberi nama skala celcius untuk mengabadikan namanya. Celcius meningal padaawal tahun 1744 diswedia.


 Pengunjung yang lain juga membaca :
  1. Biografi James watt - New !!
  2. Biografi alexander graham bell penemu telkomunikasi - New !!
  3. Biografi ilmuan Volta Penemu Satuan Tegangan - New !!
  4. Biografi ilmuan abdussalam - New ! 
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment