Wednesday 12 November 2014

Macam-macam pencemaran lingkungan

Advertisements

 Pengertian pencemaran

       Pencemaran adalah berubahnya komposisi air, udara , ataupun tanah karena ulah manusia  dan proses alam sehingga kualitas air di udara menjadi kurang atau tidak berfungsi sesuai peruntukannya.

    Proses pencemaran terjadi secara langsung maupun tidak langsung , bahan yang secara langsung dapat meracuni sehinga dapat mengganggu kesehatan manusia, hewan ,dan tumbuhan . bahkan mengganggu keseimbangan ekologis baik air, udara, maupun tanah .



 1. Pencemaran Air
   
  Air adalah salah satu sumber yang saat ini terpopulasi. pencemaran air disebabkan pembuangan polutan kedalam sumber air , seperti kolam sungai dan danau. air yang terpolusi dapat menyebabkan hewan dan tumbuhan yang hidup akan mati, minyak dan sampah yang terapung dapat menghalangi tembusnya suatu cahaya matahari.



 2. Pencemaran Udara
     
   Pencemaran udara pada umumnya terjadi dikota-kota besar dan kota industri. pencemaran udara ini disebabkan oleh pebakaran bahan bakar dari kendaraan bermotor dan gas buangan pabrik.
   pencemaran udara ini sangat merugikan kesehatan manusia antara lain karbon dioksida, karbon mono oksida dan nitrogen oksida



3.Pencemaran Tanah
  
  Pencemaran tanah disebabkan oleh pembuangan limbah rumah tangga, seperti plastik detergen , pecahan-pecahan kaca dan lain-lain. limbah detergen menyebabkan mikroorganisme yang ada didalam tanah mati sehingga pertumbuhan tanaman terganggu. 

 Akibat pencemaran tanah :
1.Tergangunya kehidupan mikroorganisme
2.berubahnya sifatkimia atau bentuk tanah
3.mengubah dan memengaruhi keseimbangan ekologis dalam suatu ekosistem
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment