Saturday, 30 April 2016

4 Tugas Pokok Guru Disekolah Terbaru

Advertisements

4 Tugas Pokok Guru Disekolah - Pada kesempatan kali ini admin senang sekali bertemu kembali yang mana sebenarnya admin sedang sibuk disekolah namun untuk menyempatkan waktu tak ada salahnya donk, dibawah ini mungkin dan barang kali rekan semua yang seadang mencari bahan untuk
sekedar pengetahaun tak ada salahnya admin untuk berbagi , berikut adalah 4 Tugas Pokok Guru Disekolah :

4 Tugas Pokok Guru Disekolah

1.    Mendidik

Mendidik adalah kegiatan guru dalam member contoh ,tuntunan, petunjuk dan keteladanan yang dapat diterapkan atau ditiru siswa  dalam sikap dan prilaku yang baik , dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang dominan dalam aspek ini adalah aspek afektif ( sikap dan nilai)  .

Agar proses tersebut berjalan dengan baik maka setiap guru dituntut untuk :
a. Mampu merumuskan tujuan yang ingin dicapai
b. Memahami dan menghayati tugas frofesi sebagai guru
c. Mampu menjadi teladan yang baik
d. Mampu menjadi orang tua yang kedua
e. Memiliki sifat-siaft terpuji dan menjauhi diri dari sifat - siaft tercela
Proses pendidikan merupakan proses yang panjang maka dari itu konsitensi sikap yang baik yang ditampilkan seorang guru harus tetap terjaga , baik disekolah maupaun di luar sekolah.

2.    Mengajar

Mengajar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mentrasfer ilmu atau memberikan pengetahuan dan informasi sebanyak – banyaknya kepada peserta didik sesuai dengan pedoman dan petunjuk yang telah ditetapkan, dalam hal ini aspek yang paling dominan adalah aspek kognitif (pengetahuan).
Untuk melaksanakan kegiatan belajar dengan baik tentunya seoarang guru dituntut untuk menguasi hal-hal berikut:

a. Mampu merumuskan tujuan pembelajaran
b. Menguasi prisip-prinsip belajar mengajar
c.  Menguasai sumber belajar mengajar
d. Menguasai dan mampu menitegrasikan antara pendekatan metode dan teknik belajar mengajar
e. Mampu menggunakan sarana dengan baik
f.  Dan mendorong peserta didik untuk aktif
Maka dari itu jika hal diatas tidak diperhatiakan tentunya hanya membuang -buang waktu dan tujuanpun tidak tercapai.
3.    Melatih ( Membimbing )

Melatih adalah kegiatan yang dilakukan dalam membimbing, member contoh dan petunjuk - petunjuk praktis berkaitan dengan gerakan, ucapan dan perbuatan lainnya dalam rangka mengembangkan aspek psikomotor (keterampilan) peserta didik. Adapun aspek psikomotor dalam pendidikan
agama islam seperti : ibadah (solat), berwudhu dan lain sebaginya.

Kemudian hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam kegiatan membimbing ini adalah:

a. Mampu menuliskan ayat-ayat Al-Quran dengan baik dan benar
b. Mampu menjadi khotib dan imam
c. Mampu merumuskan tujuan yang ingin dicapai
d. Mampu merikan contoh gerakan wudhu

4.    Menilai ( Mengevaluasi )

Penilaian adalah salah satu kegiatan yang dilakukan guru untuk mengukur atau mengetahui tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar  mengajar dikelas. Penilaian proses adalah penilaian yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, sedangkan penilaian hasil adalah
penilaian yang dilakukan pada akhir kegiatan belajar mengajar.
Agar penilaian yang dilakukan berjalan dengan baik maka setiap guru perlu memperhatik hal di bawah ini :

a.Mengetahui dengan jelas pengertian , tujuan dan fungsi penilaian
b. Memahami dengan baik jenis, teknis dan cara penilaian. 
c. Memahami dengan jelas prinsip-prisip penilaian
d. Dan lain sebagainya 

Dengan melakukan hal itu seorang guru akan mengetahui tingkat kemajuan belajar siswa. Tanpa
penilaian maka akan sulit mengetahuai apakah kegiatan belajar sesuai dengan rencana dan tujuan apa malah sebaliknya.

Baca juga :
Itu saja barang kali yang bisa disampaikan semoga bermanfaat. jangan lupa untuk sarannya , jika ada kritik dan saran itu sangat admin tunggu untuk perbaikan kedepannya.
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment