Wednesday 23 September 2015

5 Tips Hindari Menyontek Untuk Peserta didik

Advertisements

5 Tips Hindari Menyontek Untuk Peserta didik - berbicara dunia pendidikan mungkin menurut admin  sebagian tidak terlepas dari yang namanya jiplak menjiplak jawaban alias nyontek , memang hal seperti ini sudah terbiasa lumrah didunia pendidikan , banyak beberapa faktor yang menyebabkan anak untuk menyontek entah itu ingin yang peraktis padahal apa yang anak contek itu belum tentu benar , lantas bagaimana agar  Bagaimana cara agar peserta didik (siswa) tidak saling contek berikut adalah ulasan step demi step cara mengindarai sifat  Menyontek Untuk Peserta didik.


5 Tips Hindari Menyontek Untuk Peserta didik


  • Berikan Informasi tentang ruanglingkup menyontek
Sebelum diujikan ada baiknya memberi pengarahan kepada seluruh siswa bahwa perilaku menontek itu adalah prilaku yang tidak baik, percaya dirilah bahwa kita meyelesaikan soal yang diberikan oleh guru itu pasti bisa dan mudah mengisinya asalakan kita ingin dan mau belajar .
  • Buatlah sebuah peraturan  
Membuat sebuah peraturan adalah salah satu untuk menghindari dari terjadinya nyontek-menyontek , tempelkanlah selembar peraturan yang telah dibuat dipapan - papan dan dinding informasi sebelum pelaksanaan UTS dan UAS atau jika ingin lebih efektif fotocopylah selembaran itu dan bagikan keseluruh siswa.
  • Buatlah Posisi duduk untuk siswa yang menarik dan menegangkan
 Posisi duduk buatlah sedemikian rupa agar antara kelas A tidak hanya satu kelas dengan kelas A juga Melainkan untuk satu kelas itu antara kelas A , B dan C hindarilah teman kelas A bersamaan dibelakangnya baik kiri depan dan kanan agar proses ini terhidar atau bisa dilakukan posisi duduk yang agak berjauhan.
  • Periksa Barang bawaan siswa 
Sebelum masuk kekelas barang bawaan seperti HP , Dan TAS itu disita dulu agar terhindar dari yang namanya contek - menyontek. perikasalah setiap pelaksanaan Ujian berlangsung karna biasanya ada ada saja kelakuan siswa yang mempunyai ide entah itu berupa selembaran kertas , dan percikan kertas untuk di contek.
  •  Hindari keluar kelas 
Jika pelaksanaan ujian sedang berlangsung jika anda sebagi pengawas maka hindarilah untuk keluar keluar kelas karna jika anda keluar maka situasi akan berubah , jika anda sebagai pengawas.

Baca juga
Mungkin itu saja yang bisa disampikan jika adakesalahan itu semata - mata dari kebodohan admin. jangan lupa untuk memberi masukan agar kedepannya lebih baik lagi.
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment