FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PERENCANAAN (PLANNING)
MAKALAH
Di Ajukan Sebagai Tugas Pada Mata Kuliah Administrasi Pendidikan
Dosen pembimbing: Jawer Effendi, M.M
Disusun Oleh:
Sunadinata
FAKULTAS TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
PARUNG PANJANG BOGOR 2014
MAKALAH
Di Ajukan Sebagai Tugas Pada Mata Kuliah Administrasi Pendidikan
Dosen pembimbing: Jawer Effendi, M.M
Disusun Oleh:
Sunadinata
FAKULTAS TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
PARUNG PANJANG BOGOR 2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang membahas mengenai “fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam menyusun perencanaan (planning)”. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas matakuliah Dasar-dasar pendidikan. Penulis mencoba memberikan suatu pemahaman yang berguna untuk pembaca. Serta mengembangkan minat untuk mempelajarinya.
Harapan penulis semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa/i STAI NIDA EL-ADABI khususnya semester IV, yang mudah-mudahan berkenan Di hati bapak selaku dosen mata kuliah Administrasi Pendidikan. Penulis menyadadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna maka dari itu penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini.
Parung panjang,05 maret 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .........................................................................................i
DAFTAR ISI .....................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian perencanaan ................................................................................. 2
B. Syarat-Syarat Perencanaan .................................................................................3
C Tugas Kepala Sekolah dalam membuat atau menyusun perencanaan .............4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ........................................................................................................5
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kepala sekolah ,berbicara kepala sekolah berarti berbicara Kepemimpinan karena kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang. Ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya, ketika terjadi kedamaian dalam diri dan membentuk bangunan karakter yang kokoh, ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkungannya, dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati. Jadi pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang.namun dalam makalah ini penulis lebih tersudut kepada fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dan penulis mencoba memaparkannya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian perencanaan , Kepala Sekolah dan tanggung jawab
Perencanaan ialah menyelidiki meramalkan,melihat kedepan, memproyeksi ,memperkirakan apa yang akan terjadi ,dan mencoba untuk menembus tirai yang esok tidak kelihatan.
Perencanaan adalah cara berpikir mengenai persoalan-persoalan sosial dan ekonomi, terutama berorientasi pada masa datang, berkembang dengan hubungan antara tujuan dan keputusan – keputusan kolektif dan mengusahakan kebijakan dan program.
Definisi lain dari perencanaan adalah pemikiran hari depan, perencanaan berarti pengelolaan, pembuat keputusan, suatu prosedur yang formal untuk memperoleh hasil nyata, dalam berbagai bentuk keputusan menurut sistem yang terintegrasi.
Menurut Wilson, Perencanaan merupakan salah satu proses lain, atau merubah suatu keadaan untuk mencapai maksud yang dituju oleh perencanaan atau oleh orang/badan yang di wakili oleh perencanaan itu. Perencanaan itu meliputi : Analisis, kebijakan dan rancangan.
Perencanaan merupakan salah satu syarat mutlak bagi setiap kegiatan administrator.tanpa perencanaan atau planning,pelaksanaan suatu kegiataan akan mengalami kesulitan dan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang di inginkan .perencanaan merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada permulaan dan selama kegiatan administrasi itu berlangsung .
Sedangkan kepala sekolah menurut wahjosumijo yaitu kepala sekolah terdiri dari dua kata,yaitu kepala dan sekolah.kata kepala dapat diartikan ketua atau pimpinan dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga.sedangkan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Dengan demikian secara sederhana kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai seorang tenaga fungsional guru yang di beri tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana di selenggarakan proses belajar mengajar.atau tempat dimana terjadi proses intraksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.
Dari uraian diatas ,maka upaya kepala sekolah dapat diartikan bahwa sesorang pemimpin yang mempunyai usaha dalam pendidikan dan pengajaran yang banyak dibebani dengan kewajiban-kewajiban yang beraneka ragam untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Sedangkan tanggung jawab adalah yang pengertian yang didalamnya mengandung,norma-norma etika,sosial dan scientific yang berarti bahwa perbuatan-perbuatan yang di pertanggung jawabkan itu baik,dapat di terima dan disetujui orang-orang lain /masyarakat ,dan mengandung kebenaran yang bersifat umum. Pengertian tanggung jawab berisi pula di dalamnya keberanian mengambil resiko terhadap tantangan,hambatan atau pun rintangan yang mungkin akan menghalangitercapainya pekerjaan-pekerjaan yang telak dianggap/diyakini kebaikan dan kebenaran.
B. Syarat-syarat perencanaan
Dalam menyusun perencanan syarat- syarat berikut harus di perhatikan:
Perencanaan harus di dasarkan atas tujuan yang jelas
Bersifat sederhana realistis dan praktis
Terinci, memuat segala uraian serta klasifikasi kegiatan dan rangkaian tindakan sehingga mudah di pedomi dan dijalankan
Memiliki fleksibilitas sehingga di sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi dan situasi sewaktu waktu
Terdapat perimbangaan antara bermacam-macam bidang yang akan digarap dalam perencaanaan itu,menurut urgensinya masing-masing
Diusahakan adanya penghemataan tenaga,biaya,dan waktu,serta kemungkinaan penggunaan sumber daya dan dana tersedia dengan sebaik-baiknya
Diusahakan agar sedapat mungkin tidak terjadi adanya duplikasi pelaksanaan
C.Tugas Kepala Sekolah dalam membuat atau menyusun perencanaan
Salah satu fungsi utama dan pertama yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah adalah membuat atau menyusun perencanaan.Perencanaan merupakan salah satu syarat mutlak bagi setiap organisas,baik perseorangan maupun kelompok.
Oleh karna itu,setiap paling tidak harus membuat rencana tahunan.setiap tahun,menjelang dimulainya tahun ajaran baru,kepala sekolah hendaknya sudah siap menyusun rencana yang akan di laksanakan untuk tahun ajaran berikutnya.sesuai dengan ruang lingkup administrasi sekolah,maka rencana atau perogram tahunan hendaklah mencakup bidang-bidang seperti berikut
1.program pengajaran,seperti antra lain kebutuhan tenaga guru sehubungan dengan kepindahan,pembagian tugas mengajar,pengadaan tugas buku pelajaran,alat-alat pelajaran,dan alat perga,pengadaan atau pengembangan labolatorium sekolah,pengadaan atau pengembangan perpustakaan sekolah, sistem penilaian hasil belajar dll.
2.kesiswaan atau kemuridan,antra lain syarat-syarat dan prosedur penerimaan muri baru,pengelompokan siswa atau murid dan pembagian kelas,bimbingan atau konseling murid ,pelayanan kesehatan murid(UKS),dan sebagainya
3.kepegawaian,seperti penerimaan dan penempatan guru atau pegawai baru,pembagian tugas/pekerja guru dan pegawai sekolahmutasi dan promosi guru dan pegawai sekolah,dan sebagainya
4.keuangan,yang mencakup pengadaan dan pengelolaan keuangan untuk berbagai kegiatan yang telah direncanakan,baik uang yang berasal dari pemerintah dari POMG atau BP3,atau sumber lainnya.
5.perlengkapan,yang meliputi perbaikan atau rehabilitas gedung sekolah,penambahan ruangan kelas,perbaikan atau pembuatan pagar pekarangan sekolah,perbaikan atau pengadaan bangku murid,dan sebagainya. Pelu di perhatikan,bahwa dalam menyusun rencana tahunan ini,guru-guru dan pegawai sekolah hendaknuya di ikut sertakan.ikut sertanya guru- gurudan pegawai sekolah dapat membantu pemikiran dan ide-ide serta pemecahan masalah yang mungkin tidak terpikirkan atau tidak dapat dipecahkan sendiri oleh kepala sekolah.Disamping itu,dengan diikut sertakannya guru-guru dan pegawai sekolah,mereka akan merasa bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiata-kegiatan yang telah mereka rencanakan dan mereka sepakati bersama.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah merupakan syarat utama dalam kepemimpinaan ,tanpa memiliki rasa tanggung jawab orang tidak akan dapat menjadi pemimpin pemimpin juga bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang.di samping itu juga kepala sekolah mempunyai tanggung jawab yang berat dan salah satunya menyusun rencana yang akan di laksanakan untuk tahun ajaran berikutnya.sesuai dengan ruang lingkup administrasi sekolah,maka rencana atau perogram tahunan hendaklah mencakup bidang-bidang seperti berikut :
program pengajaran
Kesiswaan atau kemuridan
Kepegawaian
Keuangan
perlengkapan
DAFTAR PUSTAKA
Wahjo Sumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002), 83
Purwanto M Ngalim Administarsi Dan Supervisi Pendidikan (Bandung :Remaja Rosda Karya) cet 17 2007
No comments:
Post a Comment