ALAT EVALUASI BELAJAR
MAKALAH
Di Ajukan Sebagai Tugas Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Dosen pembimbing: Jaji ulum bahri, M.pd
Disusun Oleh:
Sunadinata
Mutiara tirta
Alhujaefi
FAKULTAS TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
PARUNG PANJANG BOGOR 2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang membahas mengenai “aplikasi pemilihan alat evaluasi belajar”. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas matakuliah perencanaan pengajaran pendidikan agama islam (PAI). Penulis mencoba memberikan suatu pemahaman yang berguna untuk pembaca. Serta mengembangkan minat untuk mempelajarinya.
Harapan penulis semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa/i STAI NIDA EL-ADABI khususnya semester IV, yang mudah-mudahan berkenan Di hati bapak selaku dosen mata kuliah perencanaan pengajaran pendidikan agama islam (PAI). Penulis menyadadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna maka dari itu penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini.
Parung panjang,10 maret 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Evaluasi ............................................................................ 2
B. Fungsi Evaluasi .................................................................................. 2
C. Jenis Evaluasi.......................................................................................... 2
D. Alat Evaluasi ....................................................................................... 3
E. Teknik Evaluasi .................................................................................... 4
F. Langkah-Langkah Evaluasi ................................................................... 4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan .....................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dunia pendidikan merupakan dunia yang dinamis.Berbagai faktor mempengaruhi keberhasilan pendidikan tanpa mengetahui faktor manakah yang berpengaruh,namun demikian seorang guru tidak akan berhenti,dan selalu belajar memahami berbagai gejala salah satunya alat evaluasi pembelajaran.
Keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari prestasi belajar yang di capai siswa Kriteria keberhasilan guru dan siswa dalam melaksanakan program pembelajaran dilihat dari kompotensi dasar yang di miliki oleh siswa, jika di analisis lebih rinci akan diperoleh informasi tentang kesulitan siswa dan evaluasi harus dilakukan secara terus menerus ,oleh karna itu kemampuan guru menyusun dan menlaksanakan evaluasi merupakan bagian dari kemampuan menyelenggarakan proses pembelajaran secara keseluruhan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Evaluasi
Evaluasi (bahasa Inggris:Evaluation) adalah proses penilaian atau
evaluasi juga bisa di artikan sebagai salah satu komponen sistem
pembelajaran.
Menurut Mehrens & Leman Evaluasi adalah suatu proses dalam
merencanakan,memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat
diperlukan untuk membuat alternatif – alternatif keputusa.
Berdasarkan pengertian tersebut,maka evaluasi adalah suatu penilaian proses di dalam pembelajaran sejauh mana kesulitan siswa dalam menyerap pembelajaran yang telah ditetapkan .
B. fungsi Evaluasi
• Mengetahui apakah siswa dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan
• Mengetahui kondisi belajar yang disiapkan,apakah dapat menyebabkan siswa belajar
• Mengetahui apakah prosedur pembelajaran berlangsung dengan baik
• Mengetahui dimana letak hambatan pencapaian tujuan tertentu
C.Jenis Evaluasi
• Evalusi formatif
Yaitu evalusi yang dilaksanakan setiap kali selesai dipelajari suatu unit pelajaran tertentu.manfaatnya sebagai alat penilai proses pembelajaran suatu unit materi pembelajaran tertentu.tujuannya untuk memperbaiki proses pembelajaran.Hasil tes dianalisis untuk mengetahui konsep yang belum dikuasai siswa,kemudian diadkan kegiatan remidial.
• Evaluasi Sumatif
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir pembelajaran suatu program atau suatu unit pelajaran tertentu.Evaluasi ini mempunyai manfaat untuk menilai hasil pencapaian siswa terhadap tujuan suatu program pelajaran dalam suatu priode tertentu,seperti semester atau akhir tahun pelajaran.
• Evaluasi Diagnostik
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan sebagai sarana diagnosis. Evaluasi ini bermanfaat untuk meneliti atau mencari sebab kegagalan pembelajaran atau dimana letak kelemahan siswa dalam mempelajari suatu atau sejumlah unit pelajaran tertentu.
• Evaluasi Penempatan
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan untuk menempatkan siswa dalam suatu program pendidikan atau jurusan yang sesuai dengan kemampuan(baik potensial maupun aktual) dan minatanya.Evaluasi ini bermanfaat dalam rangka proses penentuan jurusan sekolah.
D.Alat Evaluasi
Dalam hal ini alat evaluasi dapat dibedakan menjadi dua macam,yaitu:
• Evaluasi menggunakan tes baku
Tes baku adalah tes yang dapat dijadikan alat pengukuran secara tepat dan tetap.Ketetapan suatu alat tes ini dimaksudkan,bahwa alat itu dapat dijadikan pengukur kemampuan sesuatu dengan hasil yang sah.Pelaksanaannya dapat dilakukan kapan saja untuk mengukur kemampuan sesuai dengan tujuan dengan hasil yang selalu dapat menggambarkan keadaan yang bersangkutan dalam mata pelajaran itu.Sebuah alat tes baku untuk mengukur kemampuan siswa SMA dalam mata pelajaran fisika misalnya.
• Evaluasi menggunaan tes tidak baku (Buatan guru)
Tes tidak baku adalah tes yang tidak diketahui kesahihanya dalam mengukur kemampuan tertentu secara tetap,dan tidak dipercaya ketetapannya.kepentingannya terbatas,yaitu untuk mengukur hasil belajar tertentu,dilakukan tehadap kelompok tertentu.
E.Teknik Evaluasi
Ada dua macam teknik yang digunakan dalam evaluasi,yaitu:
• Teknis tes
Tujuan penilaian dengan tes yaitu untuk mengetahui:
a.tingkat kemampuan awal siswa
b.hasil belajar siswa
c.pertumbuhan dan perkembangan prestasi siswa
d.eberhasilan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran.
Tes dapat dilakukan dengan tiga cara
a.tes lisan
b.tes perbuatan
c.tes tertulis
• Teknik bukan tes
Teknik bukan tes umumnya menggunakan alat-alat seperti:
a.wawancara atau intervew
b.angket
c.pengamatan atau observasi
d.daftar chek atau chek list
e.skala penilaian
F.Langkah-Langkah Evaluasi
Pelaksanaan evaluasi menempuh tiga tahap
• Tahap persiapan
Pada tahap ini bahan-bahan yang di perlukan untuk menyusun alat evaluasi di himpun bahan-bahan tersebut meliputi:
a.Tujuan pembelajaran
b.menentukan ruang lingkupdan urutan materi pembelajaran berpedoman pada kisi-kisi yang di buat
c.menuliskan butir-butir soal,dengan bentuksebagai mana di rencanakan dan dibuat dalam kisi-kisi
d.jika evaluasi dilaksanakan selain untuk kepentingan evaluasi formatif,soal yang di buatperlu di uji terlebih dahulu sebelum di perbanyak sesuai kebutuhan
• Tahap pelaksanaan
• Tahap pemeriksaan
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pemaparan di atas dapat di simpulkan bahwa evaluasi merupakan proses belajar untuk menilai atau mengoreksi sejauh mana kesulitan siswa dalam proses pembelajaran dan evaluasi harus dilakukan secara terus-menerus agar tujuan yang telah ditetapakan bisa tercapai,oleh karna itu kemampuan guru menyusun dan menlaksanakan evaluasi merupakan bagian dari kemampuan menyelenggarakan proses pembelajaran secara keseluruhan
No comments:
Post a Comment